Kamis, 04 Oktober 2018

Tokoh Pendidikan Indonesia


Ada beberapa tokoh pendidikan Indonesia diantaranya :

Imam syafii juga merupakan tokoh Pendidikan Indonesia. selain itu ada RA. Kartini yang merupakan tokoh wanita Pendidikan Indonesia. Pada zaman kartini bukannya wanita tidak boleh mengenyam bangku pendidikan tetapi bermaksud supaya wanita tidak ikut campur dalam dunia politik.

Tokoh pendidikan Indonesia yang paling berperan yaitu Ki Hajar Dewantara. Nama asli Ki Hajar Dewantara yaitu Raden Mas Soewardi Suryaningrat. Beliau mengganti namanya supaya bisa lebih dekat dengan rakyatnya dan tidak mau diningratkan. Karena beliau tidak memandang derajat maupun kasta. Negara yang berhasil dalam dunia pendidikan karena menganut system pendidikan dari Ki Hajar Dewantara adalah Firlandia. Di Firlandia pendidikan yang paling baik dibandingkan Negara lainnya karena menganut sistem pendidikan Indonesia dan berhasil.

Menurut Ki Hajar Dewantara, Pendidikan adalah pembudayaan buah budi manusia yang beradab dan buah perjuangan manusia terhadap dua kekuatan yang selalu mengelilingi hidup manusia yaitu kodrat alam dan zaman atau masyarakat. Dengan demikian, pendidikan itu sifatnya hakiki bagi manusia sepanjang peradabannya seiring perubahan jaman dan berkaitan dengan usaha manusia untuk memerdekakan batin dan lahir sehingga manusia tidak tergantung kepada orang lain akan tetapi bersandar atas kekuatan sendiri.

Oleh karena itu, kemerdekaan menjadi isu kritis dalam Pendidikan karena menyangkut usaha untuk memerdekakan hidup lahir dan hidup batin manusia agar manusia lebih menyadari kewajiban dan haknya sebagai bagian dari masyarakat sehingga tidak tergantung kepada orang lain dan bisa bersandar atas kekuatan sendiri. Namun, disisi yang lain, kemerdekaan itu bersifat tiga macam yaitu:

1.      berdiri sendiri

2.      tidak tergantung kepada orang lain

3.      dan dapat mengatur dirinya sendiri.

Dengan demikian, kemerdekaan itu berarti manusia sebagai mahkluk individu dan sekaligus sosial dapat mengatur ketertiban hidupnya dalam berhubungan dengan kemerdekaan orang lain

Posted by : RINDIANA PUTRI RIANI/15120135
PGSD 7C UNIVERSITAS PGRI SEMARANG


Berikut beberapa link dari teman-teman mahasiswa lain

14120086 MIA TRISTIANA







15120104 INDRA DIO MEI PRATAMA


15120107 RANDY DWI SAPUTRO













15120131 AHMAD HIDAYAT





15120139 DICKRI TIFANI BADI

15120142 ANIS MAULIDA





15120206 PUTRI AMALIAH







15120283 TEGGOEH SUSILO



15120374 ACHMAD AGUNG PRASETYO



Tidak ada komentar:

Posting Komentar